PERINGATAN BULAN BAHASA DI SEKOLAH NASIONAL NUSAPUTERA DENGAN TEMA “AKU CINTA NUSAPUTERA”


Tahukah kamu bahwa setiap bulan Oktober, Indonesia merayakannya sebagai bulan Bahasa Indonesia?. Mengapa bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra?

Karena pada bulan ini tepatnya 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, yang didalamnya terdapat pengukuhan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pemersatu Indonesia. Dalam rangka memperingati bulan Bahasa Dra. Retno Palupi W. MM, selaku Manager Pendidikan Sekolah Nasional Nusaputera menyampaikan bahwa Bulan Bahasa yang diselenggarakan setiap tahun ini sebagai momentum untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, bukan hanya Bahasa Indonesia, namun Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Nusaputera menggelar berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari seminar kewirausahaan, lomba majalah dinding (Mading), lomba kewirausahaan dan lomba talent show yang mengusung unsur Bahasa, imbuh Retno dalam sambutannya.



Berbagai lomba diikuti oleh seluruh siswa-siswi Sekolah Nasional Nusaputera dari jenjang KB-TK, SD, SMP, SMA, SMK1 (TKJ), dan SMK2 (Farmasi-Farmasi Industri). Ada yang menarik di sini, untuk lomba majalah dinding (Mading) berlangsung sangat unik, para siswa selain diminta membuat mading 3 dimensi juga mempresentasikkannya minimal menggunakan 2 bahasa asing (Bahasa Inggris dan Mandarin). Tidak kalah menarik untuk lomba kewirausahaan, siswa-siswi diberi kesempatan membuka stand dan menjual produk makanan dengan menggunakan minimal 2 dari 4 bahasa yang diusung di Nusaputera. Jenis makanan yang dijual pun bervariasi sesuai dengan unsur Bahasa yang diusung. Misal yang mendapatkan undian Bahasa Jawa dan Mandari maka produk makanan yang dijual harus mengandung unsur Jawa dan Mandari. Di dalam menawarkannya pun juga menggunakan Bahasa Jawa dan Mandarin.
 Peringatan bulan Bahasa pada tahun ini menjadi lebih istimewa, dengan hadirnya peserta student exchange dari Rotary yaitu Noah (USA), Alixe (Perancis), dan Crish (Belgia) sehingga acara semakin meriah. Mereka menampilkan tarian kolaborasi  dari Jawa dan Bali, lengkap dengan kostum adatnya. Selain itu Alixe membacakan puisi dengan tema “Aku Cinta Nusaputera” menggunakan Bahasa Perancis. Sedangkan Noah mempersembahkan sebuah lagu dari grup musik Paramore yang disambut dengan tepuk tangan siswa-siswi Nusaputera karena penampilannya yang menarik. Para “bule” tersebut sudah 6 bulan berada di  Kota Semarang, sehingga sudah mampu berkomunikasi dengan siswa-siswi Nusaputera menggunakan Bahasa Indonesia. Demikian pula sebaliknya mereka dapat berbincang dengan para siswa Nusaputera menggunakan Bahasa Inggris sebagai salah satu pilar bahasa asing di Nusaputera.
Kegiatan peringatan bulan Bahasa yang digelar setiap tahun bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswi Nusaputera mengasah dan menunjukkan bakat mereka dibidang masing-masing baik seni, Bahasa, maupun kewirausahaan, melatih mental untuk berani tampil di depan umum sekaligus memupuk rasa bangga dengan bahasa Nasional yaitu bahasa Indonesia. Disisi lain, dengan kegiatan lomba dan pentas seni antar jenjang diharapkan dapat menciptakan keakraban antara siswa, guru, dan karyawan di Sekolah Nasional Nusaputera









PERINGATAN BULAN BAHASA DI SEKOLAH NASIONAL NUSAPUTERA DENGAN TEMA “AKU CINTA NUSAPUTERA” PERINGATAN BULAN BAHASA DI SEKOLAH NASIONAL NUSAPUTERA DENGAN TEMA  “AKU CINTA NUSAPUTERA” Reviewed by Info Sekolah on 15:32 Rating: 5

ads

ads