LOMBA DI ZI GUI DI TK DAN SD NUSAPUTERA


Lomba Dizigui merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Sekolah Nasional Nusaputera. Dizigui adalah standar untuk menjadi seorang murid dan anak yang baik, merupakan pendidikan budi pekerti yang ditulis oleh Li Yuxiu pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi (1661-1722) dari Dinasti Qing. Isi buku ini didasarkan pada ajaran Kong Hu Cu yang menekankan pada tingkah laku dasar untuk menjadi manusia baik serta memberi petunjuk untuk dapat hidup harmonis dengan orang lain. Lomba Dizigui tahun ini diikuti oleh siswa TK & SD dengan tema “Mimpi Masa Kecil yang penuh Warna”. Pada kegiatan yang sama Nusaputera melepas mahasiswa PPL setelah 45 hari ikut bergabung menjadi pengajar yang didampingi laoshi Nusaputera. Para mahasiswa PPL menampilkan berbagai potensi anak hasil pendampingan mereka mulai dari menyanyi lagu mandarin, bermain musik, berpuisi, membuat mading, dan film dokumenter berbasis mandarin.
Lomba DIZIGUI bertujuan untuk mengembangkan budi pekerti, meningkatkan kemampuan berbahasa mandarin sejak usia dini, melatih anak untuk berani tampil di depan umum, sebagaimana disampaikan oleh Manager Pendidikan Sekolah Nasional Nusaputera, Dra. Retno Palupi W. MM. Lebih lanjut dengan adanya mahasiswa PPL Bahasa Mandarin dari UNNES diharapkan dapat memberikan warna dalam pembelajaran Bahasa Mandarin di Sekolah Nasional Nusaputera.

Di penghujung acara Kepala Badan Eksekutif Sekolah Nasional Nusaputera, G. Harryman TN, ST, MT secara simbolis menyerahkan cinderamata berupa lukisan wayang hasili karya siswa SD Nusaputera, kepada dosen pengampu Bahasa Mandarin sebagai perwakilan dari UNNES. Sesi penutup diisi dengan tanya jawab kepada siswa-siswi SD yang tertarik menjadi guru. Respon dari siswa-siswi trsebut, ternyata banyak yang antusias untuk menjadi guru masa depan Sekolah Nasional Nusaputera, imbuhnya.


LOMBA DI ZI GUI DI TK DAN SD NUSAPUTERA LOMBA DI ZI GUI DI TK DAN SD NUSAPUTERA Reviewed by Info Sekolah on 16:03 Rating: 5

ads

ads