Mengembangkan Rasa Nasionalisme di Sekolah Nasional Nusaputera



Memperingati HUT Republik Indonesia ke-73, Sekolah Nasional Nusaputera menggelar upacara bendera di Lapangan Basket, Jumat (17/8) pagi. Upacara peringatan HUT RI tahun ini diikuti oleh perwkilan siswa dan siswi semua jenjang pendidikan, mulai dari TK,SD,SMP,SMA dan SMK 1 Sekolah Nasional Nusaputera.


Bertindak sebagai Pembina Upacara Kepala Sekolah SMK 1 Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) Nining Tri Palupi, S.Pd. Dalam pidatonya, Pembina upacara mengajak semua siswa dan siswi Sekolah Nusaputera beserta guru dan civitas akademika untuk mencermati apa yang menjadi ikrar kemerdekaan, bahwa kemerdekaan merupakan hak segala bangsa dan penjajahan merupakan perlawanan terhadap peri kemanusiaan dan perikeadilan. Kita sebagai generasi sekarang dan masa datang wajib untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang dengan gigih dan pantang menyerah merebut kemerdekaan Indonesia. Wujud dari perjuangan yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan kontribusi positif dengan bertindak dan berbuat untuk kemajuan bangsa sesuai dengan profesi dan kemampuan kita masing-masing. Sebagai siswa dan siswi sekolah harus mampu berjuang pantang menyerah dalam mewujudkan cita-citanya dan memiliki budi pekerti yang luhur. Sebgai guru juga harus mampu memberikan teladan yang baik kepada siswanya serta mampu memberikan pendidikan yang baik dalam mendukung  pertumbuhan karakter dan intelektual siswanya.

Dalam memeriahkan perayaan HUT RI ke-73 ini Sekolah Nasional Nusaputera juga telah mengadakan berbagai lomba yang diikuti semua siswa di jenjang masing-masing dan antar jenjang. Lomba yang diadakan antaralain lomba tarik tambang, makan kerupuk, balap karung, dance, footsal, bernyanyi. Tujuan diadakannya berbagai lomba agar siswa dapat mencontoh perjuangan para pahlawan yang pantang menyerah, kerja keras, berani dan bersatu padu untuk membawa bangsa ini ke gerbang kemerdekaan.

Petugas upacara dan pengibar bendera dalam upacara kali ini adalah siswa-siswa pilihan dari SMK 1 TKJ  Sekolah Nasional Nusaputera. Selain lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta dalam upacara tahun ini, petugas paduan suara juga menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus 1945) dan juga Mars Nusaputera

Melalui kegiatan upacara siswa-siswi menerapkan karakter disiplin, kerjakeras, cinta tanah air, bangsa dan negara, serta mampu menghargai perjuangan para pahlawan bangsa.

Mengembangkan Rasa Nasionalisme di Sekolah Nasional Nusaputera Mengembangkan Rasa Nasionalisme di Sekolah Nasional Nusaputera Reviewed by Info Sekolah on 16:07 Rating: 5

ads

ads