SEDERHANA, TAPI DAMPAKNYA BESAR PADA KARAKTER ANAK


Salah satu kegiatan kerja bakti Nusaputera terutama di SMP



“Hari esok menjadi lebih baik dari pada hari ini” ungkapan yang sering kita katakan, dengar bahkan menjadi harapan kebanyakan orang. Sesuatu yang lebih baik tentunya tidak datang dengan sendirinya tetapi diperlukan satu tindakan untuk mewujudkannya. Tindakan itu diawali dari kesadaran diri sendiri, yang mengundang reaksi banyak orang dan berimplementasi bagi banyak sisi kehidupan.
Perkara sederhana sekaligus berdampak luar biasa yang akrab dalam hidup kita adalah peduli terhadap sampah. Sampah selalu hadir dalam sebagian besar kegiatan yang dilakukan manusia yang dapat dijumpai dalam ruang yang pengab sampai dengan ruangan ber AC, dari lorong yang sempit sampai dengan jalan yang besar, dari gedung yang megah sampai dengan rumah yang reot, dari kediaman orang yang bertintelektual tinggi sampai dengan orang yang tidak berpendidikan, dari sidang paripurna sampai dengan perkumpulan orang biasa, sampah selalu ada dalam setiap ruang kehidupan. Sampah ada dimana-mana, dalam segi keindahan, kenyaman dan kesehatan dalam lingkungan sampah sangat berdampak buruk, tetapi banyak orang yang tidak peduli terhadap keberadaannya.
Dalam rangka menumbuhkan rasa kepedulian anak terhadap sampah, maka di SMP Nusaputera diadakan pembiasaan untuk peduli terhadap sampah, yang dilaksanakan dengan tindakan sederhana dan menyenangkan bagi anak-anak tetapi berdampak besar bagi karakter anak untuk menciptakan keindahan dan kenyamanan dimanapun mereka berada. “Point Bintang” adalah penghargaan yang diberikan kepada anak sebagai apresiasi atas tindakan yang dilakukan baik secara pribadi maupun berkelompok. Menurut Nining Tri Palupi sebagai Kepala SekolahSMP Nusaputera mengatakan bahwa anak-anak disentuh melalui hati untuk menumbuhkan rasa kepedulian yang muncul dari dalam dirinya, serta diberikan  penghargaan atas sikap yang telah dilaksanakan.
Poin bintang bukanlah hadiah yang memiliki nominal besar,  tetapi setiap poin hanya ditukar dengan uang Rp. 5000,- . Tetapi bukanlah besar nominal yang diperebutkan,  melainkan  kesadaran akan keindahan yang dapat menciptakan penghargaan bagi setiap pribadi, yang membuat anak-anak rela mengeluarkan uang sakunya demi tercipta irama keindahan” jelas Nining. Hal ini terbukti dengan tindakan yang dilakukan beberapa kelas di SMP Nusaputera,  mereka bersama-sama membersihkankan ruangan dan memperlengkapi segala sesuatu untuk menciptakan keindahan melalui uang saku yang mereka miliki. Inilah sikap yang muncul dari hal-hal yang sederhana, yang ada disekitar kehidupan kita tetapi berdampak bagi kehidupan manusia” tambah Nining
Sebagai hasil dari pembiasaan yang yang dilakukan setiap saat maka SMP Nusaputera meraih juara I dalam memelihara keindahan lingkungan yang diadakan oleh Yayasan Nusaputera yang diikuti oleh semua jenjang yang ada baik mulai dari TK, SD, SMP,SMA, SMK I, SMK II, dan Akademi farmasi.
Pembiasaan yang sederhana yang dilakukan dari hati dan kesadaran kita untuk saling memberi penghargaan berdampak luar biasa bagi segi kehidupan penerus bangsa.


SEDERHANA, TAPI DAMPAKNYA BESAR PADA KARAKTER ANAK SEDERHANA, TAPI DAMPAKNYA BESAR PADA KARAKTER ANAK Reviewed by Info Sekolah on 22:59 Rating: 5

ads

ads