HARDIKNAS: MENJADI LEBIH BAIK LAGI

2 Mei menjadi tanggal bersejarah bagi Republik Indonesia. Seluruh insan pendidikan memperingati Hari pendidikan Nasional (Hardiknas). Seluruh sekolah dari jenjang TK sampai dengan perguruan tinggi, mengadakan upacara bendera dan berbagai macam kegiatan untuk merayakan Hardiknas ini. Tetapi makna Hardiknas, tidak hanya berhenti di upacara bendera dan perayaan-perayaan. Hardiknas dimaknai dengan perubahan baru, seperti tema besar pada tahun 2014 ini yaitu “Pendidikan untuk peradaban Indonesia yang unggul”. Tema ini menjadi indikasi, bahwa pendidikan merupakan modal utama untuk sebuah kemajuan.

Retno Palupi W. Sebagai Manajer Pendidikan di Sekolah Nasional Nusaputera, ikut menunjukkan keprihatinannya kepada pendidikan di negeri ini. “Kita sebagai pelaku pendidikan, seperti guru, seharusnya bisa menjawab tantangan global. Seperti memperbaiki sistem UN (ujian nasional), dan menjadi teladan bagi para murid” jelas Retno. Pendidikan tidak hanya sekedar memberikan ilmu yang bermanfaat bagi akademik anak-anak, tapi bermanfaat juga untuk pengembangan bakat lewat non akademik mereka. “Akademik itu baik untuk anak-anak. Tapi non-akademik juga bermanfaat untuk mengeluarkan bakat mereka yang terpendam” tambah Retno. Mengenai tentang potensi non-akademik, Sekolah Nasional Nusaputera dalam rangka memperingati Hardiknas juga mengadakan berbagai macam kegiatan. Seperti pencarian siswa terbaik lewat lomba debat, dan mengasah bakat dalam bidang pemasaran lewat kegiatan Top Selling.

Hari Pendidikan Nasional bukan sekedar upacara bendera dan berbagai macam kegiatan, untuk memeriahkan hari istimewa ini. Tetapi ini menjadi hari perubahan pendidikan yang lebih baik lagi, dalam mengembangkan potensi dan karakter yang lebih baik lagi. “Guru juga dapat menjadi teladan, agar anak memiliki panutan yang baik. Karena sekali lagi, pendidikan tidak hanya mengembangkan kognisi anak. Tetapi mengembangkan afeksi dan psikomotorik mereka” ungkap Retno.
HARDIKNAS: MENJADI LEBIH BAIK LAGI HARDIKNAS: MENJADI LEBIH BAIK LAGI Reviewed by Info Sekolah on 21:00 Rating: 5

ads

ads