UPACARA BENDERA ITU ASIK

Siapa bilang jika upacara bendera adalah hal yang membosankan? Harus menikmati terik matahari, berdiam diri sambil berdiri, kemudian mendengarkan celotehan dari sang pembina upacara. Ternyata upacara bendera memiliki banyak fungsi bagi Anda yang menganggap kegiatan ini membosankan. Menurut, T. Al. Trima upacara bendera berfungsi untuk membangkitkan semangat nasionalisme serta menghormati jasa pahlawan yang telah gugur untuk berjuang bagi negeri ini. “Tidak hanya itu, upacara juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan siswa” tambah guru yang berperan sebagai pengawas upacara bendera di Sekolah Nasiona Nusaputera. karena begitu bermanfaatnya upacara bendera, Nusaputera sudah melatih para muridnya untuk menjadi petugas upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Jumat, 2 Mei 2014. Bahkan Nusaputera sudah melakukan gladi bersih upacara bendera pada Rabu, 30 April 2014. Kegiatan Gladi bersih ini diikuti oleh 16 petugas, diantaranya adalah pemimpin upacara (1 orang), pembawa kegiatan upacar (1 orang), pengiring lagu (1 orang), penjemput pembina upacara (1 orang), pembaca doa dan UUD (2 orang), pengibar bendera (3 orang), ajudan pembina (2 orang), dan pleton (5 orang). kendala dari petugas upacara bendera adalah susahnya merekrut para anggota petugas di awal-awal masa perekrutan. “Pada awal masa perekrutan petugas, susah sekali meyakinkan mereka. Padahal menjadi petugas upacara bendera adalah sesuatu yang bermanfaat” tambah Trima.

Para murid yang menjadi petugas upacara, juga merasakan manfaat dari upacara bendera. Menurut Loryan Freidrich Fernando, merasakan manfaat menjadi pemimpin upacara bendera. “saya merasa tertantang, karena menjadi pemimpin upacara adalah sebuah tanggung yang besar” tambah siswa SMP Nusaputera kelas VIII ini. Sebuah tanggung besar juga memiliki kendala didalam menjalaninya. “Kendala menjadi pemimpin upacara itu, ya kadang-kadang diejek sama teman-teman. Tapi saya tetap percaya diri” tambah Loryan.

Hari Pendidikan Nasional di Sekolah Nusaputera, menjadi hari yang istimewa. Selain upacara bendera, pentas seni yang diikuti oleh guru, karyawan dan siswa akan diadakan pada Jumat, 2 Mei 2014. Harapan yang ingin diraih dari Nusaputera pada Hardiknas tahun ini, adalah menjadikan pendidikannya lebih maju. “Saya harap pendidikan di Nusaputera lebih maju, dan mental muridnya juga semakin baik” jelas Trima. Tidak hanya itu, siswanya juga dapat lebih berani didalam mengembangkan bakat serta prestasinya. “Semoga siswa dan siswi di Nusaputera lebih berprestasi lagi” ungkap Loryan.
UPACARA BENDERA ITU ASIK UPACARA BENDERA ITU ASIK Reviewed by Info Sekolah on 18:24 Rating: 5

ads

ads