Gali Potensi Siswa dengan Ajang Kompetisi Bakat

Untuk mengetahui kebisaan siswa, SD Nusaputera belum lama ini mengadakan kegiatan "Nusaputera Mencari Bakat", sebanyak 47 performance siswa ditampilkan, diantaranya menari, menyanyi, paduan suara, drama, modern dance, baca puisi mandarin, geguritan, perform sepatu roda, hip-hop, sampai juggling bola.


Para siswa tak hanya sibuk mempersiapkan penampilan terbaik, namun mereka juga diharuskan memamerkan dan menjual hasil kewirausahaannya. Menu yang dijual memang sederhana seperti, bihun, jagung serut, kentang goreng, jus buah, puding, dan yang lainnya, namun semua hasil karya siswa. "Untuk mempersiapkannya, para siswa tidak sendiri, dibantu para orang tua yang tergabung dalam paguyuban di setiap kelas, paguyuban orangtua ini dibentuk setiap awal tahun ajaran, dan pihak sekolah selalu melibatkan orang tua dalam berbagai event untuk mendukung kelancaran acara. Apabila kerja sama dengan orang tua sudah terjain baik secara otomatis kualitas sekolah menjadi signifikan," kata M. F. Agustine, kepala SD Nusaputera yang beralamat di Jl. Ki Mangunsarkoro No 59.

Agustine menambahkan, dewasa ini pendidikan karakter mutlak terintegrasi dalam kurikulum yang diajarkan. Diharapkan SD Nusaputera sebagai rumah ke-dua, sehingga siswa merasa nyaman dan senang belajar. Empat belas pilar pendidikan karakter diaplikasikan melalui berbagai program pembiasaan dalam kegiatan keseharian sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna dan menjadi long term memory, seperti setiap pagi guru piket berdiri di gerbang untuk menyalami siswa, perayaan hari besar keagamaan bersama-sama sehingga siswa bisa berlatih toleransi terhadap sesama. "Nusaputera ini adalah miniatur Indonesia karena walaupun ada banyak etnis dan berbeda agama namun tetap mengutamakan persatuan,"katanya.

Dunia pendidikan dasar saat ini dituntut untuk tidak hanya membekali siswa dengan kemampuan kognitif yang memadai, namun juga harus mengasah potensi non-akademik siswa. Selain pembelajaran yang mengacu kurikulum nasional, SD Nusaputera juga memberikan bekal berupa berbagai ekstrakurikuler seperti drumband, angklung, barongsai, sempoa, paduan suara, tari kreasi, senam INLA, dan melukis. Banyak prestasi yang telah diukir sekolah yang telah berdiri sejak 59 tahun lalu ini, diantaranya selama 2 tahun berurut-turut meraih juara 1 lomba Sains Yamaha-Kompas Student Competition kategori kelas 4 dan 5, lomba drumband, dan sebagainya.

"Saya sangat antusias dengan adanya kegiatan tersebut, selain dapat menambah pengalaman juga menyenangkan," kata Samuel Paulus, salah satu siswa kelas V yang baru-baru ini meraih juara lomba Fun Science tingkat provinsi Jawa Tengah.
Gali Potensi Siswa dengan Ajang Kompetisi Bakat Gali Potensi Siswa dengan Ajang Kompetisi Bakat Reviewed by Info Sekolah on 00:39 Rating: 5

ads

ads