Ratusan Pelajar Ikuti Kompetisi Ikanusa Cup 2013


Ratusan pelajar yang terbagi atas 21 grup dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Minggu (30/6), mengikuti kompetisi barongsai tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Kompetisi barongsai tingkat pelajar SD dan SMP se-Jateng itu merupakan rangkaian dari kegiatan sosial Ikatan Alumni Sekolah Nusaputera Semarang Lintas Angkatan (IKANUSA) yang digelar di Gang Lombok Semarang.

Setiap grup yang terdiri atas minimal 20 pelajar itu memamerkan kebolehannya memainkan atraksi barongsai dengan berbagai gaya yang dinilai oleh para juri dari Persatuan Seni dan Olahraga Barongsai Indonesia (Persobarin).

Menurut Ketua II Ikanusa Redi Nusantara, Sekolah Nusaputera yang berdiri sejak 1958 tersebut hingga kini telah menghasilkan banyak lulusan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk luar negeri. "Kami kemudian mendirikan Ikanusa sebagai wadah bagi para alumni Sekolah Nusaputera yang melayani pendidikan mulai jenjang taman kanak-kanak (TK), SD, SMP, SMA, SMK, hingga Akademi Farmasi (diploma 3)," katanya.

Ikanusa, kata dia, kemudian menggagas sebuah kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dengan menggandeng Yayasan Tjie Lam Tjay, dan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. "Kompetisi barongsai ini salah satunya, kami merasa selama ini belum ada perlombaan barongsai yang khusus diikuti anak-anak, terutama usia SD dan SMP. Kebanyakan kan perlombaan barongsai kategori umum," katanya.

Apalagi, kata dia, saat ini anak-anak sekolah tengah menikmati libur panjang sehingga digagaslah kompetisi barongsai itu untuk mengisi waktu libur sekolah, di samping tentu melestarikan kebudayaan warisan leluhur. "Ada 21 grup barongsai yang mewakili sekolah, perkumpulan barongsai, atau daerahnya. Satu grup minimal 20 orang. Mereka tersebar dari berbagai wilayah di Jateng, seperti Pekalongan, Magelang, dan Kudus," katanya. Selain kompetisi barongsai, kata dia, Ikanusa juga menggelar khitanan massal oleh Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang yang diikuti sekitar 300 anak dan bakti sosial dengan membagikan obat gratis oleh siswa-siswi SMK Nusaputera 2. Mereka ada yang merupakan warga sekitar sekolah, anak-anak yatim piatu, dan anak keluarga tidak mampu. "Ya, kami ingin memberikan pelayanan pada masyarakat, terutama kalangan tidak mampu melalui khitanan massal, sekaligus memberikan hiburan lewat lomba barongsai. Ade 'Teamlo' juga ikut memeriahkan acara," kata Redi.
Ratusan Pelajar Ikuti Kompetisi Ikanusa Cup 2013 Ratusan Pelajar Ikuti Kompetisi Ikanusa Cup 2013 Reviewed by Info Sekolah on 20:50 Rating: 5

ads

ads