Bangkitnya BEM Akfar Nusaputera

Dalam rangka menyemarakkan bulan puasa Ramadhan tahun 2013, Badan Eksekutif Mahasiswa Akademi Farmasi Nusaputera (BEM AFN) mengadakan acara buka puasa bersama pada hari Sabtu, 27 Juli 2013 lalu di kampus Akademi Farmasi Nusaputera yang terletak di jalan Medoho III/2 Semarang. Buka puasa bersama tersebut dihadiri sejumlah mahasiswa reguler maupun karyawan, para dosen beserta staf dan karyawan Akademi Farmasi Nusaputera Semarang. Kegiatan buka puasa kali ini juga diisi dengan pengenalan BEM AFN, Qiroah atau pembacaan ayat-ayat suci Alquran, serta Tausiah singkat tentang Nuzulul Quran atau turunnya Alquran ke bumi. Buka puasa bersama sudah menjadi salah satu kegiatan rutin dalam menyemarakkan bulan puasa setiap tahunnya, serta untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama warga Akfar Nusaputera. Istimewanya, acara buka puasa kali ini adalah acara perdana yang diadakan oleh pengurus BEM AFN untuk menandai bangkitnya BEM AFN dari tidur panjangnya selama beberapa tahun ini.

BEM AFN sebagai organisasi terbesar yang mewadahi mahasiswa Akademi Farmasi Nusaputera ini sebenarnya telah dibentuk dan disahkan sejak 11 Desember 2011 lalu. Namun, karena berbagai faktor penghambat, eksisitasnya tidak berkembang dan justru sempat menjadi organisasi yang “mati suri” selama hampir 2 tahun. Akan tetapi, dengan perombakan sedikit susunan kepengurusan dan motivasi serta dukungan berbagai pihak, kini organisasi ini pun dapat bangkit kembali dan siap menjadi organisasi aktif yang turut menghidupkan Akademi Farmasi Nusaputera. Kebangkitan organisasi ini terjadi seiring dengan diaktifkannya kembali kegiatan kemahasiswaan oleh Ibu Buanasari,ST selaku dosen pembimbing BEM AFN. Berbagai program kerja berupa rencana kegiatan pun telah disusun untuk tetap menjaga eksistensi BEM AFN. Setelah buka puasa bersama, kegiatan selanjutnya yang digagas punggawa BEM AFN adalah Penyerahan Zakat dan Infaq yang telah terkumpul dari keluarga besar Akademi Farmasi Nusaputera kepada panti asuhan, kegiatan tahunan berupa Achievement Motivation Training (AMT) yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru Akfar Nusaputera, dan Pelatihan Pembuatan Skripsi atau Karya Tulis Ilmiah bagi kalangan mahasiswa dan dosen yang menurut rencana akan dilangsungkan pada 24–25 Agustus 2013 mendatang, dan

Selain mengadakan berbagai kegiatan tersebut, program kerja terbesar yang sedang ditangani BEM AFN adalah pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Akademi Farmasi Nusaputera. Adanya UKM dirasa penting, karena pada dasarnya tidak hanya IPK tinggi yang menjadi tolok ukur keberhasilan seorang mahasiswa di dalam dunia kerja. Faktanya, banyak perusahaan yang kurang berkenan menerima karyawan dengan nilai IPK tinggi yang kurang berpengalaman dan kurang memiliki kemampuan bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain. Di dalam UKM, mahasiswa dapat belajar bekerja sama dalam tim, menuangkan berbagai ide dan kreatifitas sesuai bakat dan minat yang dimiliki, dan menghilangkan kejenuhan akibat padatnya rutinitas kuliah. Oleh sebab itu, BEM AFN maka Akademi Farmasi Nusaputera berencana mewadahi minat dan bakat mahasiswa dalam beberapa bidang UKM sebagai berikut :

1. UKM Penalaran
a. Sub UKM Penelitian
b. Sub UKM Seminar Diskusi Ceramah (SDC)
c. Sub UKM Penerbitan

2. UKM Kerokhanian
a. Sub UKM Kerokhanian Islam
b. Sub UKM Kerokhanian Kristen
c. Sub UKM Kerokhanian Katolik

3. UKM Minat dan Kegemaran
a. Sub UKM Koperasi Mahasiswa
b. Sub UKM Resimen Mahasiswa

4. UKM Seni
a. Sub UKM Paduan Suara
b. Sub UKM Tari Klasik
c. Sub UKM Tari Modern

5. UKM Olah Raga
a. Sub UKM Futsal
b. Sub UKM Bola Volly
c. Sub UKM Bola Basket.

Bangkitnya BEM Akfar Nusaputera Bangkitnya BEM Akfar Nusaputera Reviewed by Info Sekolah on 19:00 Rating: 5

ads

ads