Peringatan Hardiknas 2013 Sekolah Nasional Nusaputera


Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2013 Sekolah Nasional Nusaputera yang pelaksanaannya dipusatkan di kampus pusat jalan Karanganyar no. 574 berlangsung menarik, pasalnya selain upacara resmi dimeriahkan juga dengan pemberian penghargaan guru sukses UN dan siswa berprestasi, pameran kerajinan dan ketrampilan siswa serta pemilihan the best student yakni pemilihan perform pentas seni terbaik dari masing-masing jenjang.


Bertindak selaku pembina upacara kepala sekolah SMP Nusaputera Nining Tri Palupi sedangkan pelaksana upacara oleh siswa-siswi dari jenjang SMA Nusaputera. Upacara diikuti oleh seluruh civitas akademi dari PG TK, SD, SMP, SMA, SMK Nusaputera 1 Teknik Komputer Jaringan, SMK Nusaputera 2 Farmasi-Farmasi Industri, perwakilan Yayasan Perguruan Nasional Nusaputera, Komite Sekolah dan perwakilan dari Ikatan Alumni Nusaputera (IKANUSA).

Pada audisi The Best Student, penampilan siswa berprestasi mampu menghipnotis tim juri yang diketuai Teguh Setiawan. ”Nusaputera ternyata memiliki siswa-siswi hebat, tidak hanya kemampuan akademik, tetapi mereka juga mempunyai bakat yang luar biasa,” ungkapnya. Peserta ada yang pandai me­mainkan piano, dance, story telling, menyanyi, dan menari tarian tradisional.

The Best Student diraih Klaudia Aleen dari jenjang SMA. Kriteria penilaian tidak hanya mengutamakan sisi kognitif saja, tetapi juga karakter. ”Ini dimaksudkan agar muatan kurikulum pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai karakter mampu terealisasi pada setiap satuan pendidikan. Harapannya, setiap siswa memiliki kepandaian dan kepribadian yang baik agar dapat melahirkan para pemimpin bangsa yang berkarakter baik pula,” kata Dra Retno Palupi MM, manajer pendidikan sekolah Nusaputera.

Selain acara tersebut, juga diberikan penghargaan kepada guru sekolah di Jalan Ki Ma­ngun­sarkoro Nomor 59 tersebut. ”Penghargaan ini kami berikan kepada para guru pengampu mata pelajaran Ujian Nasional (UN) yang berhasil mengantarkan para siswanya menempuh Ujian Nasional dengan nilai rata-rata minimal 8,0 untuk mata pelajaran nonproduktif dan rata-rata 8,5 untuk mata pelajaran produktif,” kata Ratna Wulandari SE MM, manajer SDM Sekolah Nusaputera.

Pada peringatan itu, digelar pula hasil inovasi siswa dalam bidang kewirausahaan, di antaranya Carica Papaya, yaitu minuman sega r dari batang papaya. Juga hasil olahan pongge durian sebagai bahan dasar pembuatan brownies yang merupakan produk kewirausahaan SMA Nusa­putera. Di samping itu, jamu dengan berbagai rasa yang diproduksi oleh siswa SMK Nusaputera 2 (Farmasi).


Puncak acara dimeriahkan performance guru. Moment tersebut sekaligus membuktikan kata-kata Ing Ngarsa Sung Tuladha (di depan memberi contoh), Ing Madya Mangun Karsa (di tengah memberikan bimbingan), Tut Wuri Handayani (di belakang memberikan dorongan).

Selain membimbing dan memberikan semangat kepada para siswanya untuk tampil mengisi acara, guru juga bersemangat menampilkan performa terbaik.
Peringatan Hardiknas 2013 Sekolah Nasional Nusaputera Peringatan Hardiknas 2013 Sekolah Nasional Nusaputera Reviewed by Info Sekolah on 10:52 Rating: 5

ads

ads