Kegiatan Mahasiswa Tingkat Akhir Akfar Nusaputera


Awal semester genap 2012/2013 mahasiswa semester 6 Akfar Nusaputera mempunyai agenda kegiatan yang padat yaitu Praktek Kerja Lapangan (PKL), pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan persiapan untuk menghadapi Ujian Akhir Program (UAP). Kegiatan ini merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Akfar Nusaputera yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat

Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilakukan untuk memperkenalkan mahasiswa dalam dunia kerja kefarmasian yang akan dihadapi setelah menyelesaikan program studi D3 farmasi. Kegiatan PKL ini dilakukan di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Apotek. Lahan yang digunakan sebagai tempat PKL tahun ini ada yang terdapat di dalam dan luar kota Semarang yaitu RS. Elisabeth, RS. Permata Medika, RS. Banyumanik, RST Bhakti Wira Tamtama, Puskesmas Ungaran, Puskesmas Kedungmundu, Apotek Simpang Lima Purwodadi dan masih banyak lagi lahan tempat PKL mahasiswa.

Pada pelaksanaan PKLmahasiswa dibekali ilmu kefarmasian dalam hal pelayanan kefarmasian mulai dari penyiapan resep yang masuk ke Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) sampai dengan penyerahan resep ke pasien, sehingga melatih mahasiswa berinteraksi secara langsung kepada pasien dan menerapkan kompetensinya sebagai seorang calon Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Salah satu contoh pengalaman mahasiswa yang didapatkan di RST Bhakti Wiratamtama yaitu penerapan Clinical Conference Comprehenship (C3) merupakan forum diskusi antar tenaga kesehatan (dokter, apoteker, perawat dan asisten apoteker/ TTK) yang diadakan di RST Bhakti Wiratamtama. Pada saat mahasiswa Akademi Farmasi Nusaputera melaksanakan PKL mahasiswa juga ikut terlibat dalam forum diskusi D III dengan tema “Kejadian Diabetes Gestasional dan Preeklamsia pada Ibu Hamil”, diabetes gestasional keadaan dimana terjadi kenaikan kadar gula darah dan preeklamsia merupakan naiknya tekanan darah pada waktu hamil. Mahasiswa Akademi Farmasi Nusaputera banyak belajar mengenai terapi obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut sedangkan dokter lebih membahas mengenai perjalanan penyakit. Forum diskusi ini sangat menarik dan menimbulkan dampak positif karena antar tenaga kesehatan dapat saling berintegrasi menyelesaikan satu kasus penyakit yang terjadi.

Kegiatan selanjutnya adalah Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan kegiatan penelitian yang wajib dilakukan mahasiswa Akademi Farmasi Nusaputera pada tingkat akhir. Terdapat 6 bidang peminatan penelitian yaitu bidang Farmakognosi, Farmakologi, Kimia, Teknologi Sediaan, Mikrobiologi dan Farmasi Komunitas. Penelitian yang dilakukan salah satunya adalah “Pembuatan Gel antiseptik dari daun sirih (Piper Betle)”. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa daun sirih sudah terbukti dapat membunuh bakteri gram negatif E. Coli dan gram positif Steptococus aureus, tujuan penelitian ini untuk membuat sediaan berupa gel antiseptik yang berguna dapat digunakan sehari-hari untuk membunuh bakteri.

Tahap akhir yang harus dilalui mahasiswa Akademi Farmasi Nusaputera adalah Ujian Akhir Program (UAP) . UAP bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran mahasiswa selama 5 semester menempuh pendidikan akademi kefarmasian. Mahasiswa melaksanakan ujian akhir ini dengan metode praktikum. UAP dibagi menjadi 3 bidang yaitu bidang Obat Alam, Teknologi sediaan dan Farmasi Komunitas.UAP dilaksanakan dan bekerjasama dengan Organisasi Profesi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.Pada akhir ujian diharapkan mahasiswa lulus dan menguasai ketiga bidang ini untuk bekal memasuki dunia kerja serta mendapatkan sertifikat kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasiaan dan sertifikat Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasiaan dari Dinas Kesehatan Propinsi. Dengan bekal dua sertifikat inimahasiswa yang sudah lulus dapat diakui dan bekerja sesuai kompetensinya.
Kegiatan Mahasiswa Tingkat Akhir Akfar Nusaputera Kegiatan Mahasiswa Tingkat Akhir Akfar Nusaputera Reviewed by Info Sekolah on 18:32 Rating: 5

ads

ads