PLT SMK Nusaputera 2 ke PT. Paphros dan PT. Sidomuncul



PT. Paphros dan PT. Sidomuncul menjadi tempat kunjungan Pembelajaran Lapangan Terpadu (PLT) SMK Nusaputera 2 tahun pembelajaran 2012-2013. Saat kunjungan ke Phapros kedatangan siswa-siswa dan guru pembimbing disambut hangat oleh bagian Humas Phapros dan Apoteker. Anak-anak sangat antusias dengan presentasi dari PT Phapros. Mereka mengajukan pertanyaan sesuai dengan kompetensi dan berhubungan dengan mata pelajaran yang pernah diberikan. Kunjungan berlangsung 2 jam sambil mengitari kawasan industri tersebut. Siswa-siswi diberi tambahan ilmu, dari pembelian bahan baku obat, pengadaan, penimbangan, proses pembuatan obat yang baik, pengemasan, pengadaan sampai penjualan serta pengolahan limbah yang baik.

Produk-produk dari PT Phapros bermacam-macam, seperti tablet, kapsul, kaplet, sirup kering, sirup cair, salep dan lain-lain. Setiap produk yang dihasilkan sudah melalui proses yang maksimal sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya. Dari hasil kunjungan ke PT Phapros sangat memberikan manfaat baik untuk siswa-siswa ataupun guru-guru pembimbing. Untuk siswa-siswa, hasil kunjungan ini dapat diimplementasikan dalam pelajaran dan dunia kerja nantinya. Untuk guru-guru pembimbing, dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.


Selain di PT Phapros, kunjungan kedua SMK Nusaputera 2 adalah ke PT Sidomuncul. Perusahaan jamu yang bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelola oleh Ibu Rakhmat Sulistio di Yogyakarta, dibantu oleh tiga orang karyawan. Usaha terus bertumbuh hingga kini dengan pabrik baru yang berlokasi di Klepu, kecamatan Bergas, Ungaran dengan luas 29 ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, dr. Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Sebagai perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1951, Sidomuncul yang kini merupakan perusahaan herbal bertaraf modern senantiasa berupaya untuk memberikan produk-produk yang baik dan menyehatkan bagi seluruh konsumennya, dan dengan demikian memberikan nilai positif bagi masyarakat.

Tak hanya mengandalkan bahan-bahan alamiah yang berkualitas tinggi dan segar, Sidomuncul juga sangatlah mementingkan basis penelitian, ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam menjalankan proses-proses produksi dari setiap produk yang akan dijual, serta juga dalam bergerak maju untuk mengembangkan usahanya. Sidomuncul terus berkarya untuk menciptakan inovasi berupa temuan-temuan baru yang berkhasiat tinggi bagi seluruh kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, Sidomuncul telah memperlengkapi pabriknya di Semarang, Jawa Tengah dengan berbagai fasilitas pendukung yang memenuhi standar farmasi. Beberapa fasilitas tersebut antara lain laboratorium yang bersertifikasi ISO 17025, fasilitas produksi berstandardisasi CPOB (Cara Pengolahan Obat yang Baik) dan CPOTB (Cara Pengolahan Obat Tradisional yang Baik), pengolahan air demineralisasi dan limbah, klinik holistik, dan lahan agrowisata. Manfaat yang dapat diperoleh secara khusus adalah dapat memberikan gambaran nyata tentang pembuatan obat di PT Sidomuncul. Sehingga siswa siswi dapat belajar secara langsung di tempat tersebut. Diharapkan kunjungan ini akan meningkatkan motivasi dan ke depan SMK Nusaputera 2 sangat berharap siswa siswi dapat rutin melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di PT Sidomuncul dan PT Phapros.
PLT SMK Nusaputera 2 ke PT. Paphros dan PT. Sidomuncul PLT SMK Nusaputera 2 ke PT. Paphros dan PT. Sidomuncul Reviewed by Info Sekolah on 00:32 Rating: 5

ads

ads