Kampus 1 : Jl. Karanganyar No. 574 Semarang, Telp. 024-3542444 Fax. 024-3565315
Kampus 2 : Jl. Medoho III No. 1 Semarang, Telp/Fax. 024-6747557, 6747012
eMail : sekolah@nusaputera.org

Tuesday, 5 February 2013

SD Nusaputera bakti sosial ke SLB Hellen Keller Yogyakarta

Bakti sosial rutin diadakan oleh SD Nusaputera sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama sekaligus menumbuhkan kepekaan sosial pada peserta didik. Minggu ini SD Nusaputera mengadakan kunjungan ke sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di SLB Hellen Keller yang beralamat di Jl. RE Martadinata No. 88 Yogyakarta.
Tidak seperti sekolah formal pada umumnya, sekolah yang tidak terbagi dalam kelas tersebut hanya dibatasi usia sampai dengan 20 tahun. Para siswa berkebutuhan khusus sejumlah 30 anak, diajari berbagai keterampilan hidup seperti latihan vokal, mengurus diri sendiri, terutama melatih komunikasi dengan orang lain.
Materi yang diajarkan pun pastinya bukan materi yang mengacu pada kurikulum nasional, latihan sederhana membaca huruf Braille, mengenal kondisi sekitar, dan bahasa isyarat saja memerlukan waktu sampai bertahun-tahun. Orang tua yang menyekolahkan anaknya dipermudah dengan fasilitas asrama yang diampu oleh para suster dan pengasuh yang luar biasa sabar.

 

Selain menumbuhkan kepekaan, bakti sosial tersebut sekaligus sebagai salah satu perwujudan untuk mengasah karakter siswa. Berbagai program telah dirancang untuk mendampingi siswa sepanjang tahun ajaran 2012/2013. Selain potensi akademik yang diasah melalui pembelajaran terpadu dengan metode PAIKEM GEMBROT (pembelajaran aktif kreatif menyenangkan gembira, dan berbobot) di dalam dan luar ruangan.
Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti menggambar, angklung, paduan suara, drum band, sempoa, modern dance, pramuka, senam Inla barongsai, dan liong cilik dipersiapkan untuk melatih potensi non akademik siswa. Pembiasaan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) juga terus dibudayakan disamping religiusitas minggu pertama setiap bulan, record reading, jumat bersih, dan kewirausahaan.
Bagi siswa yang berprestasi akademik diberikan penghargaan berupa beasiswa, semua program tersebut diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan.

Pembinaan dan “edukasi“ tidak hanya di kalangan siswa tetapi juga pada orang tua karena pendidikan tidak akan berhasil apabila hanya dilakukan di sekolah, melalui program parenting SD Nusaputera berusaha melibatkan orang tua untuk mewujudkan pendidikan yang holistik.

 
Design by Wa2n