Membentuk Karakter melalui Record Reading

Membentuk Karakter melalui Record ReadingArus informasi yang cepat serta dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat membuat budaya membaca menjadi menurun. Hal tersebut juga dialami oleh siswa SD Nusaputera. Realitanya, siswa memiliki minat baca yang rendah sehingga mereka lebih senang dengan kegiatan yang menggunakan media visual atau audio. Menyikapi fakta tersebut maka diluncurkan program record reading sebagai salah satu program unggulan di tahun pelajaran 2012/2013 sebagai upaya untuk meningkatkan minat membaca siswa.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk circle time setiap Senin di minggu pertama dalam setiap bulannya dengan durasi waktu 35 menit. Dalam kegiatan tersebut siswa dapat memilih buku cerita atau dongeng yang disukai untuk dibaca, kemudian dipresentasikan di hadapan guru dan teman-temannya. Hal ini dimaksudkan untuk melatih rasa percaya diri siswa dalam mengungkapkan gagasannya secara lisan. Setelah presentasi, guru dan teman memberikan umpan balik atas performance yang telah dilakukan siswa. Amanat yang terkandung di dalam isi buku yang dibaca diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai karakter.
Membentuk Karakter melalui Record Reading Membentuk Karakter melalui Record Reading Reviewed by Info Sekolah on 22:25 Rating: 5

ads

ads