SMK Nusaputera 1 Kembangkan Dunia Kreatif - Siswa Dibekali Ilmu Desain Grafis

SMK Nusaputera 1 Kembangkan Dunia Kreatif - Siswa Dibekali Ilmu Desain Grafis
Era globalisasi dan perkembangan teknologi memacu manusia semakin kreatif mengembangkan potensi diri. Dan, salah satu yang kini banyak dibicarakan dalam industri kreatif adalah desain grafis.

Tak mau ketinggalan, desain grafis pun kini dilirik dunia pendidikan. Mereka memasukkan ilmu tersebut dalam kurikulum pelajaran. Dengan menerapkan ilmu tersebut, diharapkan siswa bisa handal dalam kompetensi bidang desain grafis. Salah satu sekolah yang memasukkan desain grafis menjadi mata pelajaran adalah SMK Nusaputera 1 di Jalan Karanganyar nomor 574 Semarang.

Selain desain grafis, sekolah dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini juga memiliki program unggulan lain, antara lain web design, web programing, perancangan hotspot area, TOEIC, Bahasa Mandarin, financial reporting, dan enterpreneurship. Materi yang disampaikan menggunakan standar internasional.

Kepala Sekolah SMK 1 Nusaputera, Drs Ariawan Sudagijono mengatakan, SMK saat ini mengalami banyak kemajuan. Berbagai produk telah dilahirkan dari strata pendidikan tingkat SMK. Masyarakat sebagai konsumen mulai memberikan apresiasi positif terhadap hasil kerja siswa SMK.

Contoh karya siswa adalah membuat desain produk atau desain kemasan produk. Desain kemasan, kata dia, banyak dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri.

"SMK Nusaputera 1 memiliki unit produksi yang menjadi salah satu tempat praktik bagi siswa untuk belajar kewirausahaan. Mereka belajar membuat ID card, poster, dan brosur. Dan, salah satu hasil kreatifitas yang menarik dan unik adalah desain kemasan produk," kata dia. Ariawan menambahkan, siswa didiknya sudah bisa membuat desain kemasan berbagai macam produk yang ada di pasaran, misalnya untuk dus lampu, kemasan pasta gigi, kemasan obat, dan kemasan makanan. Desain kemasan itu dibuat dengan model sesuai kreatifitas siswa, dengan mempertimbangkan bentuk, ukuran, corak dan warna, serta bahan. Agar tidak melanggar hak cipta dan menghindari plagiasi, siswa dilarang menggunakan merek dagang yang ada dipasaran.

Mereka memberi nama kemasan produk mereka sendiri. Karya desain kemasan yang dinilai bagus akan dipajang sebagai portofolio siswa dan dipamerkan kepada publik saat ada pameran pendidikan. "Hal ini membuka peluang bagi siswa-siswi SMK Nusaputera 1 memberdayakan diri mereka untuk lebih kreatif, sebagai bekal ketika terjun dalam dunia kerja yang sebenarnya," katanya.

Menurut Ariawan, sekolah juga mendukung kegiatan siswa dalam bentuk ekstrakurikuler, di antaranya basket, futsal, tari kreasi, band, paduan suara, taichi, dan TOEIC. Sebab, itu sebagai wadah siswa untuk mencurahkan keahlian dan kreativitas di bidang nonakademik. "Dengan dukungan pengajar yang kompeten sesuai disiplin ilmunya, kami telah meluluskan siswa dengan nilai kelulusan yang baik. Yang lulus langsung terserap ke dunia industri dan sebagian melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka, di Semarang atau sekitarnya. Bahkan banyak diantara mereka sudah dipesan sejak masih masa praktik kerja industri."

Ariawan mengatakan, semua itu tidak lepas dari peran guru sebagai fasilitator pendukung. Mereka yang terlibat berusaha mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan salah satu misi SMK Nusaputera 1, yakni membekali lulusan dengan ketrampilan Iptek, berwawasan Internasional, dan berahlak mulia yang siap terjun hidup bermasyarakat.
SMK Nusaputera 1 Kembangkan Dunia Kreatif - Siswa Dibekali Ilmu Desain Grafis SMK Nusaputera 1 Kembangkan Dunia Kreatif - Siswa Dibekali Ilmu Desain Grafis Reviewed by Info Sekolah on 02:12 Rating: 5

ads

ads