Kampus 1 : Jl. Karanganyar No. 574 Semarang, Telp. 024-3542444 Fax. 024-3565315
Kampus 2 : Jl. Medoho III No. 1 Semarang, Telp/Fax. 024-6747557, 6747012
eMail : sekolah@nusaputera.org

Monday, 16 July 2012

Inagurasi MOS di SMK Nusaputera 2 Tahun ini Lebih Disiplin

Inagurasi MOS di SMK Nusaputera 2 Tahun ini Lebih DisiplinJumat, 13 Juli 2012, sorak sorai para siswa memenuhi lapangan SMK Nusaputera 2 Semarang. Ya, Masa Orientasi Siswa, MOS dibuka.

Kegiatan MOS tidaklah asing di telinga mereka yang menjadi siswa baru di sekolah. MOS, sebuah kegiatan yang lazim dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru. Tak hanya itu, MOS juga dilaksanakan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Dengan begitu, siswa baru akan lebih tahu budaya sekolahnya.

MOS terkadang dijadikan sebagai ajang perploncoan kakak senior kepada junior. Namun, hal itu tidak terjadi di SMK Nusaputera 2 Semarang. Sekolah ini lebih menekankan pengenalan sekolah dan pendidikan. “Masa Orientasi Siswa kali ini mendapat sambutan luar biasa dari siswa baru, karena banyak kegiatan mendidik. Di antaranya: kedisiplinan, tanggung jawab, kebersamaan, cinta lingkungan dan alam,” kata ketua panitia Asinik Soedjono S.E.



MOS sekolah ini dilaksanakan selama tiga hari, pada 14, 16, dan 17 Juli 2012. Tepat 08.00 pada13 Juli 2012, apel pagi digelar untuk membuka MOS tahun ini. Dra. Karsini S., Apt. selaku pembina adalah pembukanya. Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan kepada siswa baru untuk mengikuti MOS tiga hari kemudian.

MOS 2012-2013 ini diisi dengan kegiatan bermacam-macam, seperti baris berbaris, penanaman TOGA (tanaman obat keluarga), pengenalan laboratorium kimia, laboratorium resep, dan laboratorium farmakognosi beserta peralatan yang ada di dalamnya. Untuk memberi kesegaran pada siswa, sekolah mengadakan senam pagi bersama. Kegiatan berikutnya adalah hunting tanda tangan ke guru-guru, sehingga siswa dapat mengenal siapa saja guru-guru di lingkup SMK Nusaputera 2. Jalan-jalan ke Masjid Agung Jawa Tengah pun dijadikan pilihan untuk refreshing siswa baru.



Untuk melatih tanggung jawab siswa baru, mereka diharuskan membawa lilin yang sudah dinyalakan dan menjaga apinya agar tetap menyala sampai ke tempat tujuan. Lilin diibaratkan sebagai penerang yang dijadikan pelita bagi Nusaputera.

Kegiatan terakhir ditutup dengan acara malam Inaugurasi. Malam Inaugurasi adalah refleksi diri selama para siswa mengikuti MOS atau mendapatkan pengenalan sekolah yang baru. Acara malam Inaugurasi diawali dengan menyalakan api unggun oleh kepala sekolah, Linda Susilowati, S.Pd dan menampilkan kreativitas maupun potensi siswa baru, siswa kelas XI dan XII. “Malam Inaugurasi tahun ini lebih disiplin, bertanggung jawab dan lebih menampilkan potensi anak,” kata Rini Roslianti, S.Sos, koordinator MOS 2012-2013.

 
Design by Wa2n