Siswa Hari Ini, Pemimpin Hari Esok

“Siswa Hari Ini, Pemimpin Hari Esok”, itulah tema Basic Leadership Traning atau Pelatihan Dasar Kepemimpinan SMK Nusaputera 2 yang diadakan di P2PNFI Ungaran selama dua hari. Kegiatan ini dimulai Sabtu, 31 Maret sampai 1 April 2012 dengan 41 peserta dari jajaran pengurus OSIS sekolah dan lima guru pendamping.

Siswa SMK Nusaputera 2 Hari Ini, Pemimpin Hari Esok
Menurut Rini Rosliyanti S.Sos, salah satu guru pendamping, kegiatan ini sebenarnya dilakukan setiap tahun. “Tujuan kegiatan LDK ini secara umum untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya para peserta pelatihan agar mampu membangun karakter sebagai pengurus OSIS di organisasi sekolah” kata guru yang biasa dipanggil Bu Rini ini. “Selain itu peserta mampu memahami konsep bagaimana manajemen sebuah organisasi, serta mampu memimpin di bidang masing-masing, dan output-nya adalah bagaimana mereka bisa berguna bagi orang lain” tambahnya.

SMK Nusaputera 2 kali ini mendatangkan Team Visimuda Sharia sebagai pemandu acara. Adalah Farid Prianggono yang menjadi trainer atau fasilitator outbound training character building. Kegiatan diawali dengan in house training di Sabtu sorenya dilanjutkan outbound training sebagai bentuk aplikasi yang sudah disampaikan pada saat in house training esok paginya. Sebelumnya kepala sekolah SMK Nusaputera 2, Dra. Karsini S.Apt., yang membuka dan mengantarkan para siswa peserta LDK memberi pengarahan kepada para peserta agar tetap mengikuti terus rangkaian acara dari awal hingga selesai. Selain itu, Bu Karsini berpesan agar selepas pelatihan para pengurus OSIS dapat mengaplikasikan ilmunya bukan hanya ke dalam organisasi OSIS saja, tetapi juga organisasi lain saat siswa terjun ke masyarakat. Pada intinya adalah sikap dan perilaku pengurus OSIS harus tetap terjaga dan bisa memberi contoh serta panutan kepada siswa-siswa lain dan memiliki sikap empati terhadap orang lain.

Siswa SMK Nusaputera 2 Hari Ini, Pemimpin Hari Esok Siswa SMK Nusaputera 2 Hari Ini, Pemimpin Hari Esok

Materi-materi dalam in house training adalah tentang bagaimana pengurus OSIS atau organisasi harus mengetahui karakter antar anggota dengan memberi asumsi gambar bangun (segitiga, persegi, lingkaran dan huruf Z), selanjutnya materi tentang strong leadership yaitu bagaimana menjadi pengurus OSIS yang harus dapat memimpin departemen masing-masing. Sesi ini diakhiri dengan pengetahuan tentang tipe-tipe manusia dari fasilitator, yaitu Choleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis. Pembelajaran ini ditengarai agar pengurus OSIS bisa mengetahui karakter masing-masing pengurus OSIS. Tak hanya itu, fasilitator juga memberi Test DISC Profile di akhir sesi in house training atas permintaan pembina OSIS. Tes itu diharapkan agar pembina OSIS bisa memberikan pengarahan kepada para pengurus OSIS untuk mencapai tujuan organisasi.

Siswa SMK Nusaputera 2 Hari Ini, Pemimpin Hari Esok Siswa SMK Nusaputera 2 Hari Ini, Pemimpin Hari Esok

Acara LDK juga diselingi dengan ice breaking untuk mencairkan suasana kelas pada saat penyampaian materi dengan memberikan game-game yang atraktif serta membutuhkan kejelian dan cara pandang peserta. Pada esok paginya acara yang ditunggu-tunggu peserta tiba. Outbound training adalah penantiannya. Menarik bukan, bagaimana menurut Anda? ***
Siswa Hari Ini, Pemimpin Hari Esok Siswa Hari Ini, Pemimpin Hari Esok Reviewed by Info Sekolah on 07:22 Rating: 5

ads

ads