Ada yang Baru dengan Study Tour kali ini

Bukan suatu hal baru bagi setiap sekolah mengadakan study tour. Study tour merupakan salah satu cara bagi setiap sekolah memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan ini biasanya menjadi agenda tahunan sekolah. Selain itu, kegiatan ini sangat dinantikan para siswa. Itulah yang terjadi di SMK Nusaputera 2 Semarang. SMK dengan dua jurusan, Farmasi dan Farmasi Industri ini sudah biasa menjalankan kegiatan ini. Biasanya, SMK ini melakukan kunjungan ke perusahaan yang terkait dengan Farmasi atau sejenisnya. Namun, kali ini berbeda.



Tepatnya 15 Maret 2012, SMK Nusaputera 2 memberangkatkan para siswanya, khususnya kelas dua untuk melakukan study tour. Awalnya, para siswa tersebut diberikan arahan dan pilihan lokasi tujuan study tour. Ternyata pilihan mereka jatuh di Pulau Bali. Sebelum bertolak menuju Pulau Bali, mereka mengunjungi ke salah satu perusahaan minuman terbesar di Indonesia. Adalah PT Coca Cola yang berlokasi di Semarang, tepatnya di JL. Raya Semarang – Bawen km 30, tujuan utama study tour itu. Sesuai dengan jurusan yang dimiliki sekolah ini, perusahan ini dirasa cocok bagi para siswa SMK Nusaputera 2 belajar secara langsung di lapangan.

Tak hanya mengunjungi perusahaan yang terkait dengan kefarmasian, SMK Nusaputera 2 juga mengunjungi salah satu perusahaan konveksi terkenal di Pulau Bali. Inilah yang menjadi beda. “Ada yang baru dengan study tour kali ini” kata Winda Nova S.Pd, salah satu panitia guru pembimbing study tour. “Biasanya kan kami hanya mengunjungi perusahaan farmasi, namun kali ini kami juga mengunjungi perusahaan yang sama sekali tak ada hubungannya dengan farmasi”, tambahnya. Menurut guru yang biasa dipanggil Bu Winda itu, kunjungan itu dapat menambah wawasan para siswa beserta guru pembimbingnya tentang hal-hal di luar kefarmasian. Dia juga mengatakan bahwa siswa banyak mendapat pengetahuan bagaimana proses pembuatan pakaian, penyablonan, dan lain-lain. Hal ini juga dimaksudkan dengan pengembangan entrepreneurship siswa.


Ada yang Baru dengan Study Tour kali ini Ada yang Baru dengan Study Tour kali ini

Dilihat dari kegiatan yang dilakukan dalam study tour SMK Nusaputera ini menghilangkan anggapan negatif bahwa study tour hanya untuk plesiran dan senang-senang. “Memang, kegiatan ini diselingi juga dengan wisata alias bersenang-senang”, kata Bu Winda.

Study tour merupakan salah satu cara atau metode dalam pembelajaran di lapangan. Ini merupakan pilihan dan bukan suatu keharusan, lebih-lebih kewajiban. Jika memang esensi pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini berhasil didapatkan kenapa tidak dilaksanakan. Namun, jika tujuan utama yaitu pembelajaran langsung tidak diperoleh mungkin bisa mencari cara pembelajaran lain. Silakan pembaca yang menilainya.
Ada yang Baru dengan Study Tour kali ini Ada yang Baru dengan Study Tour kali ini Reviewed by Info Sekolah on 01:05 Rating: 5

ads

ads