SMK Nusaputera 1 Juara III Lomba Puisi Mandarin Se-Jateng

Lajunya pertumbuhan perekonomian Cina sejak tahun 1990 hingga sekarang telah menjadikan Cina sebagai kekuatan perekonomian baru dunia. Geliat perekonomian Amerika Serikat dan negara-negara Eropa bahkan kini sudah kalah laju dibanding negara tirai bambu tersebut. Pertumbuhan ekonomi Cina rata-rata di atas 9 persen pertahun. Populasi warga keturunan Cina di seluruh dunia yang mencapai 1,9 miliar orang, telah menyulap Bahasa Mandarin menjadi bahasa bisnis yang strategis di dunia internasional.

Alhasil, Bahasa Mandarin kini menjadi bahasa Internasional kedua setelah Bahasa Inggris. Bahasa Mandarin digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan penguasaan terhadap Bahasa Mandarin sering diidentikan dengan makin cerahnya prospek karir seseorang terutama bagi mereka yang hendak terjun dalam dunia bisnis.

Sebagai sekolah yang memiliki visi menjadi Sekolah Kejuruan yang berwawasan internasional dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan, dengan lulusan yang trampil, berprestasi dan berakhlak mulia, dan salah satu misinya adalah mempersiapkan lulusan dengan menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin, maka di SMK Nusaputera 1, Bahasa Mandarin merupakan salah satu muatan lokal bersanding sejajar dengan Bahasa Jawa.

Siswa-siswa SMK Nusaputera 1 selain dituntut menguasai kompetensi di bidang teknik komputer dan jaringan mereka juga diharapkan dapat menguasai bahasa asing dan mengenal budaya-budayanya. Dengan mempelajari budaya negara lain para siswa diharapkan dapat mengambil nilai luhur yang terdapat dalam kebudayaan-kebudayaan tersebut tetapi tetap memegang teguh nasionalisme.

Pada tanggal 24 Nopember 2011, Himpunan Mahasiswa Profesi Bahasa dan Sastra Asing yang bernaung dalam Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang melaksanakan serangkaian lomba untuk mengenalkan budaya asing bagi siswa-siswa SMA/SMK/MA se-Jawa Tengah, salah satunya adalah Lomba Puisi Bahasa Mandarin.

SMK Nusaputera 1 Juara III Lomba Puisi Mandarin Se-Jateng
SMK Nusaputera 1 mengirimkan 2 (dua) siswa, yaitu Gabriella dan Arya Pramana Chandra untuk mewakili mengikuti lomba Puisi Bahasa Mandarin. Di bawah asuhan Laoshi Itje Mariana, mereka berdua berlatih keras agar dapat membawakan puisi dengan baik. Dan kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil, dengan penampilan yang memukau, Arya Pramana Chandra akhirnya dapat meraih juara III.

Selamat kami ucapkan bagi kalian yang telah berani mengapresiasikan diri dalam kegiatan lomba tersebut, terlebih kepada sang juara. Teruslah berkarya dan berprestasi di manapun kalian berada. Salam sukses.

*** In Pursuit of Excellence ***
SMK Nusaputera 1 Juara III Lomba Puisi Mandarin Se-Jateng SMK Nusaputera 1 Juara III Lomba Puisi Mandarin Se-Jateng Reviewed by Info Sekolah on 20:41 Rating: 5

ads

ads