Seminar Narkoba di Nusaputera

SMP dan SMA Nusaputera mengadakan kegiatan seminar bersama. Seminar narkoba tersebut diadakan pada hari Jumat (20/1) lalu di Sekolah Nasional Nusaputera, Jalan Ki Mangunsarkoro 59. Dalam acara seminar tersebut dihadiri Drh. Dwi Yanny Lukitaningsih, Master of Psychology yang bertindak sebagai narasumber. Para siswa SMP dan SMA merupakan anak-anak remaja yang sangat rentan dengan narkoba sehingga acara ini perlu diadakan untuk mengantisipasi perilaku siswa agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif akibat penggunaan narkoba. “Anak-anak perlu mendapatkan pendidikan tata krama yang diawali dari keluarga mereka masing-masing. Jika di dalam kehidupan keluarga sudah ditanamkan nilai-nilai kesopanan maka anak-anak akan tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang tahu norma-norma yang berlaku di masyarakat”, ujar Dwi Yanny. Senada dengan Dwi Yanny, Ketua Komite Sekolah Nasional Nusaputera yang menghadiri acara tersebut juga mengatakan bahwa generasi muda saat ini perlu membentengi diri agar tidak larut ke dalam hal-hal yang negatif.

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Wanita yang akrab dipanggil oma ini kerap kali membantu remaja-remaja dalam menghadapi problem seputar narkoba. Untuk itu, beliau menegaskan agar para siswa selalu mengikuti tata tertib dan mengetahui aturan yang berlaku baik di keluarga, sekolah, dan masyarakat karena jika anak sudah mengikuti aturan yang berlaku maka akan membantu mereka untuk menjadi anak yang terhindar dari perilaku-perilaku menyimpang.

Narkoba begitu akrab di telinga kita, bahkan saat ini para remaja banyak yang menggunakannya, padahal sebagian di antara pengguna narkoba tersebut tidak tahu manfaat dan tujuan penggunaannya, yang jelas penggunaan obat-obat terlarang tersebut dapat mengganggu sistem saraf. Hal ini akan sangat merugikan anak-anak remaja yang sedang tumbuh dan berkembang,” kata Dwi Yanny yang juga lulusan psikologi UNIKA ini.

Selain dampak penggunaan narkoba, narasumber yang sudah berusia 75 tahun, tapi tetap energik ini juga menyampaikan informasi mengenai HIV/AIDS. “Para remaja perlu mendapat pengetahuan mengenai virus HIV/AIDS karena virus mematikan ini juga mengancam kehidupan para remaja. Pengidap HIV/AIDS di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sebagian besar di antaranya adalah remaja, anak-anak usia sekolah, baik pelajar maupun mahasiswa,” tegas beliau. Penularan virus ini diawali dari penggunaan narkoba, yaitu melalui jarum suntik maupun perilaku free sex di kalangan remaja. “Seorang anak merupakan harapan keluarga, tetapi anak yang dilahirkan melalui hubungan pra nikah akan menjadi anak-anak yang bermasalah dalam kehidupannya karena anak-anak tersebut sebenarnya tidak dikehendaki kehadirannya,” ungkapnya lagi.

Di penghujung acara tersebut juga dibuka tanya jawab. Para peserta seminar begitu antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber. “Bagaimana ciri-ciri pengguna narkoba,” tanya Amanda. “Ciri-ciri pengguna narkoba di antaranya adalah suka mencuri, sering berkata bohong, dan ucapan tidak jelas/cedal jika sudah mengonsumsi dalam jangka waktu yang lama.” Jelasnya. Selain itu, mereka juga mengajukan pertanyaan seputar problemnya dengan orang tua, seperti pertanyaan Villiana yang menanyakan bagaimana cara menghadapi orang tua yang over protectif. “Caranya dengan pendekatan, komunikasi dalam keluarga sangat penting karena tidak bisa dipungkiri bahwa kesibukan orang tua merupakan salah satu penyebab adanya jarak antara anak dengan orang tua sebagai pembimbing dan pelindung mereka. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua meluangkan waktu bagi anak-anak agar mereka juga dapat menyampaikan keinginannya, mereka tidak hanya berkewajiban mendengarkan, tetapi juga berhak untuk didengarkan pendapatnya agar tercipta keseimbangan dalam diri mereka.” Tambahnya lagi.

Acara yang didukung oleh Rotary Club Semarang ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan berupa buku-buku hasil tulisan beliau kepada Sekolah Nasional Nusaputera. Diharapkan buku-buku tersebut dapat bermanfaat karena di dalamnya berisi informasi yang sarat dengan kehidupan remaja, di antaranya penyalahgunaan narkoba serta problematikanya.
Seminar Narkoba di Nusaputera Seminar Narkoba di Nusaputera Reviewed by Info Sekolah on 18:49 Rating: 5

ads

ads